maGisnYa muSiK

Posted on Senin, 01 Februari 2010 by ricHa's zoNe!!

Inikah surga cinta yang banyak orang pertanyakan..
Atau hanya mimpi yang tiada pernah berakhir jua..
Terbanglah cinta sampaikan sayangku hanya bagi dia..
Walau malam sepi meratapi malang tanpa dirinya..

Sebuah lagu dari Ada Band, “Surga Cinta”. Lagu adalah salah satu bagian dari musik. Dan lagu di atas hanya satu dari ratusan ribu lagu yang ada di muka Bumi ini. Musik adalah sesuatu yang amat berperan penting dalam sepanjang sejarah kehidupan manusia. Musik merupakan kebutuhan rohani manusia, layaknya makanan yang merupakan kebutuhan jasmani manusia.
Beberapa orang yang jiwanya mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap musik, bahkan, sedikit bunyi yang membentuk irama pun akan menjadi perhatiannya, suka bilang “gue nggak bisa hidup tanpa musik”. Walaupun ya..paling nggak sampai saat ini belum ada sih orang yang meninggal gara-gara puasa musik. Hehhe.. Tapi itu merupakan cara mereka mengekspresikan kecintaan mereka terhadap musik, sampai musik mereka umpamakan layaknya makanan. Yang tanpa itu, orang tak akan bisa bertahan hidup.
Sedangkan beberapa lainnya menganggap betapa musik sudah jadi bagian dari hidup mereka. Bahkan, jika ada lirik lagu yang dirasa sejalan dengan kisah hidup yang sedang mereka jalani, mereka menganggap musik jadi soundtrack hidup mereka.
Nah, yang bikin heran, musik yang secara universal tangga nadanya hanya terdiri dari tujuh not balok saja, tapi dari sejak musik ditemukan dan didokumentasikan, sudah berapa ribu lagu yang tercipta hanya dari variasi tujuh not ini.. ?? Ckckck..
Di seluruh dunia ini pun, setiap negara mempunyai musik khas dan definisi musik yang beraneka. Misalnya saja dari segi jumlah not dalam satu tangga nada, dalam literatur barat, satu tangga nada hanya terdiri dari tujuh not. Kalo’ dalam literatur Jawa, satu tangga nada hanya ada lima not . Apalagi dalam literatur Afrika, Batak, de-el-el??
Keajaiban musik yang lain adalah khusus bagi ibu hamil, ternyata efek Mozart bermanfaat ganda. Musik ini tidak hanya dapat meningkatkan kualitas fisik dan psikis sang ibu, namun juga sangat bermanfaat bagi bayi yang dikandungnya. Itulah yang diungkap Dra Louis Maspaitella M. Psi, Dokter Rumah Sakit Anak dan Bersalin (RSAB), juga :
 Meningkatkan kemampuan bayi dalam berbahasa, termasuk perbendaharaan kata, kemampuan berekspresi dan kelancaran dalam berkomunikasi.
 Meningkatkan keterampilannya kelak, misalnya membaca, menulis, Matematika, dan keterampilan akademik lainnya. Bayi juga dapat terstimulir dalam kegiatan mengingat dan menghafal.
 Anak terbantu menciptakan kesadaran yang kuat atas jati dirinya.

Sedikit bahas masalah kesehatan, nggak ada salahnya kan?! Selanjutnya, musik adalah bahasa yang dapat dipahami oleh banyak orang, tapi siapa yang menyangka bahwa ternyata hewan dan tumbuh-tumbuhan juga bisa memahaminya? Adalah peternak sapi perah yang telah membuktikannya. Malam sebelum memerah susu, si pemilik peternakan memutarkan lagu-lagu berirama lembut. Para sapi betina yang mendengarkan akan merasa diperhatikan dan dipedulikan. Sebagai balasan atas perhatian yang amat hewani itu, mereka akan dengan suka rela mengucurkan seluruh susu segar yang dimilikinya .
Jadi, dari semua kekuatan dan keajaiban yang dapat ditimbulkan oleh musik, apapun itu, rasanya nggak ada keraguan lagi jika sedikit meminjam kata-kata Dumbledore dalam Novel Harry Potter Tahun 1, yang kira-kira berkata “MUSIK LEBIH MAGIS DARI SEGALA YANG KITA SEBUT ‘MAGIS’ SELAMA INI!!”.
Jika pun semua itu masih membuat beberapa dari kamu nggak percaya akan MAGISNYA MUSIK, mungkin layak bagi kalian untuk mendengarkan musik atau menyanyikan lagu, lalu benar-benar merasa. Karena hanya dengan mendengarkan musik, orang bisa tiba-tiba senyum sama tembok, cekikikan ampe’ sakit perut, ketawa ampe’ kaku, teriak-teriak kayak Tarzan, murung ampe’ keriput , nangis ampe’ ngebanjirin tempat , atau joget-joget lupa daratan. Nggak salah lagi kalo’ MUSIK MAMPU MERUBAH EMOSI MANUSIA DALAM SESAAT, dengan berbagai aliran dan segala pesan yang dibawanya.

0 Responses to "maGisnYa muSiK":

let's have some fun!

Uploaded with ImageShack.us
Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

memmory

have a nice day